Bupati Batang Siap Gelar Operasi Pasar, Tetapi Tunggu Bantuan Minyak Goreng Datang

Senin, 24 Januari 2022 – 22:30 WIB
Bupati Batang Siap Gelar Operasi Pasar, Tetapi Tunggu Bantuan Minyak Goreng Datang - JPNN.com Jateng
Bupati Batang Wihaji. (ANTARA/Kutnadi)

jateng.jpnn.com, BATANG - Pemkab Batang telah mengajukan usulan bantuan minyak goreng sebanyak 8 ribu liter kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah seiring dengan naiknya harga minyak goreng di pasaran.

"Kami sudah mengajukan 8 ribu liter untuk operasi pasar, tetapi sampai sekarang belum diperoleh. Kami masih mengantre dan selanjutnya bila sudah (mendapatkan minyak goreng) maka akan dilakukan OP," kata Bupati Batang Wihaji, Senin (24/1). 

Menurut Wihaji, idealnya harga minyak goreng sebesar Rp 14 ribu per liter. Namun, harga di pasaran kini mencapai Rp 19.500 per liter sehingga pemkab berupaya menekan kenaikannya agar bisa stabil.

"Untuk penyebab kenaikan harga minyak goreng, saya tidak tahu. Akan tetapi cara salah satunya mengendalikan harga minyak goreng adalah operasi pasar," kata Wihaji.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto mengatakan bahwa Pemkab sudah mengajukan permohonan bantuan minyak goreng ke Pemprov Jateng 8 ribu liter untuk mengendalikan harga minyak goreng di pasaran.

Nantinya, pengajuan bantuan 8 ribu liter tersebut, kata dia, untuk digunakan operasi pasar (OP) di beberapa pasar tradisional dengan tujuan agar harga minyak goreng bisa segera stabil.

"Semoga Kamis (27/1) atau Jumat (28/1), kami sudah mendapat kabar (bantuan minyak goreng) disetujui oleh Pemprov Jateng. Selanjutnya, OP bisa secepatnya digelar di beberapa pasar tradisional," katanya.

Subiyanto berpendapat kenaikan harga minyak goreng karena diduga produksi kelapa sawit lebih untuk mencukupi kebutuhan ekspor sehingga ketersediaan produksi di dalam negeri berkurang.

Operasi pasar di Kabupaten Batang tertunda lantaran menunggu bantuan minyak goreng dari Pemprov Jateng yang tak kunjung turun.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia