Umbul Jumprit, Proyek Kementerian yang Digadang Jadi Ikon Pariwisata Temanggung

Jumat, 04 Februari 2022 – 11:00 WIB
Umbul Jumprit, Proyek Kementerian yang Digadang Jadi Ikon Pariwisata Temanggung - JPNN.com Jateng
Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung Hary Agung Prabowo. ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Kementerian PUPR saat ini akan mengerjakan program terpadu terkait konservasi dan revitalisasi kawasan Umbul Jumprit tahun ini. 

Lokasinya sendiri berada di lereng Gunung Sindoro, di Desa Tegalrejo, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung Hary Agung Prabowo mengatakan proyek ini diharapkan menjadi salah satu ikon pariwisata setelah dilakukan konservasi dan revitalisasi di kawasan mata air ini.

"Pembahasan finalnya akan dilakukan dalam sebuah seminar yang dihadiri sejumlah direktur di Kementerian PUPR, budayawan, tokoh agama, dan Pemkab Temanggung," katanya. Kamis (3/2). 

Ia menyampaikan Umbul Jumprit yang menjadi bagian dari Sungai Progo ini nantinya akan dibuat kawasan terpadu, antara lain kawasan pariwisata dan hidrologi air.

"Intinya Jumprit sekarang jangan sampai tercemar," katanya.

Terkait anggaran revitalisasi, katanya nanti akan digelontorkan oleh Kementerian PUPR dan ditangani langsung oleh Kementerian PUPR.

"Dengan selesainya revitalisasi nanti, Umbul Jumprit diharapkan bisa menjadi ikon baru Temanggung, apalagi Temanggung merupakan daerah penyangga kawasan Borobudur sebagai destinasi superprioritas," katanya. (antara/jpnn) 

Umbul Jumprit digadang menjadi ikon pariwisata Temanggung. Proyek ini akan didanai oleh Kementerian PUPR.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News