Hebat, Desa Pedawang Kudus Miliki 3 Ribu Tanaman Nanas, Berbagai Varietas Ada di Sini

Kamis, 23 Desember 2021 – 23:51 WIB
Hebat, Desa Pedawang Kudus Miliki 3 Ribu Tanaman Nanas, Berbagai Varietas Ada di Sini - JPNN.com Jateng
Tanaman nanas di Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Berkat komoditas nanas, desa setempat ditetapkan sebagai desa wisata kategori rintisan. ANTARA/HO-Dokumentasi

jateng.jpnn.com, KUDUS - Pemerintah Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, menjadi salah satu desa wisata karena memiliki potensi sebagai sentra tanaman buah nanas. 

Tak tanggung-tanggung, desa ini memiliki ketersediaan 3.000 tanaman nanas. 

"Dari ribuan tanaman nanas yang tertanam, terdapat 12 jenis varietas nanas dari berbagai daerah di Tanah Air," kata Ketua Pelaksana Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Singobarong Desa Pedawang Rubiyanti, Kamis (23/12).

Ia menjelaskan tanaman nanas itu mencakup nanas madu, nanas merah, nanas dari daerah Prabumulih, Subang, Malang dan berbagai daerah lainnya. 

Yang paling dominan, kata dia, adalah nanas dari Subang yang memiliki banyak manfaat dan bernilai ekonomis cukup tinggi.

Luas areal lahan yang disiapkan untuk ditanami bibit nanas mencapai 1 hektare yang merupakan lahan milik Pemerintah Desa Pedawang, sedangkan yang sudah ditanami baru separuhnya.

Menurut dia, lahan tersebut sangat cocok untuk komoditas nanas, sehingga wajar wilayah ini disebut sebagai desa sentra buah nanas yang bisa menjadi daya tarik wisata.

Ia menambahkan komoditas ini, tidak hanya bisa dimanfaatkan buahnya saja, melainkan kulit hingga daunnya dapat dimanfaatkan untuk serat nanas. 

Desa Pedawang salah satu desa wisata penghasil nana terbesar di Kudus. Tertarik? Yuk ke sini...
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News