Menjelang Nataru, Harga Bahan Pokok Kerap Naik, Pemprov Jateng Lakukan Antisipasi

Senin, 04 Desember 2023 – 18:20 WIB
Menjelang Nataru, Harga Bahan Pokok Kerap Naik, Pemprov Jateng Lakukan Antisipasi - JPNN.com Jateng
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) memastikan stabilitas harga bahan pokok menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana menjelaskan antisipasi menjaga stok kebutuhan bahan pokok telah disiapkan.

"Kami harus mengantisipasi melonjaknya harga sembako. Ini perlu kami antisipasi," kata Nana di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (4/12).

Menurutnya, pantauan secara intensif itu mulai dilakukan untuk melihat gejolak harga pasar, terutama jenis volatile food. Termasuk untuk menjaga nilai inflasi dan mencegah penimbunan bahan pokok.

"Jangan sampai kemudian stabilisasi harga atau inflasi naik kembali. Juga adanya kemungkinan penimbunan-penimbunan sembako," katanya.

Nana mengatakan dalam mengantisipasi penimbunan bahan pokok, pihaknya terus berkoordinasi dengan Satgas Pangan Polda Jawa Tengah. Upaya itu dilakukan secara preventif, tetapi jika terjadi indikasi penimbunan, akan langsung dilakukan langkah tegas.

Begitu pula, Nana menyebut antisipasi lain yang dilakukan adalah persoalan transportasi. Pasalnya, selain berpengaruh pada harga bahan pokok, transportasi juga berkaitan dengan adanya mobilisasi masyarakat pada saat libur Nataru.

"Biasanya kan banyak masyarakat yang akan pulang ke kampung atau daerah masing-masing. Kita harus mampu mengatasi masalah transportasi," ujar Nana.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) memastikan stabilitas harga bahan pokok menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia