Jelang Libur Nataru, Pemprov Jateng Antisipasi Lonjakan Inflasi

Rabu, 06 Desember 2023 – 08:11 WIB
Jelang Libur Nataru, Pemprov Jateng Antisipasi Lonjakan Inflasi - JPNN.com Jateng
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana menyebut bupati dan wali kota harus dapat mengantisipasi lonjakan inflasi menjelang Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru).

Hal itu diungkapkan Nana saat Rapat Koordinasi Forkopimda Menjaga Kondusifitas dan Pengendalian Inflasi Wilayah Jawa Tengah Menjelang Nataru di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Selasa (5/12)

"Menjelang nataru ini, (harga, red) barang-barang biasanya naik, saya minta dijaga betul," kata Nana.

Menurutnya, inflasi Jawa Tengah secara year on year (yoy) pada November ini berada di angka 3,16 persen, sehingga perlu diwaspadai. Para bupati/ wali kota telah diminta fokus pada kemungkinan terjadinya lonjakan inflasi.

Dia menginstruksikan supaya gencar melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar-pasar. Dengan sidak, akan diketahui kondisi pasokan sembako, keamanan pangan, dan fluktuasi harganya.

"Saya minta jangan sampai ada penimbunan-penimbunan terhadap sembilan bahan pokok," ujarnya.

Dia menuturkan BUMN maupun BUMD yang bertanggungjawab atas ketersediaan pasokan pangan juga diminta memastikan kecukupannya. Pun dengan pasokan elpiji dan BBM dari Pertamina juga dipastikan ketersediannya.

Menurut Nana, Jateng merupakan lintasan maupun tujuan perjalanan terbesar, dengan prediksi 14,86 juta orang atau 13,80 persen.

Pemprov Jateng mengantisipasi lonjakan inflasi jelang libur Natal dan tahun baru (Nataru).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News