Jokowi Sebut Beli Pupuk Subisidi Kini Tak Perlu Pakai Kartu Tani, Tetapi...

Rabu, 13 Desember 2023 – 18:10 WIB
Jokowi Sebut Beli Pupuk Subisidi Kini Tak Perlu Pakai Kartu Tani, Tetapi... - JPNN.com Jateng
Presiden Jokowi didampingi Pj Gubernur Jawa Nana Sudjana dan Menko PMK Muhadjir Effendy saat kunjungan ke Pekalongan, Rabu (13/12). Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, PEKALONGAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Desa Kaibahan, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12).

Jokowi mendorong seluruh petani segera menanam padi, mengingat sudah masuk musim hujan.

"Karena hujan sudah mulai di banyak provinsi, kami ingin mendorong agar petani segera mulai menanam padi," kata Jokowi didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudajana.

Jokowi menjelaskan fenomena El Nino yang terjadi pada tahun ini mengakibatkan waktu tanam padi mundur. Dia menargetkan produksi padi 2024 nanti bisa naik dibandingkan 2023.

"Kita kejar agar tanam, tanam, tanam. Kita harapkan di Maret atau April sudah mulai panen. Targetnya harus naik. Kemarin sempat turun karena El Nino,"  ujarnya.

Dia telah memerintahkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menunjang peningkatan produktivitas untuk padi, termasuk mengantisipasi kebutuhan pupuk petani.

"Dulu subsidi harus pakai kartu tani, sekarang pakai KTP bisa. Lebih menyederhanakan, tetapi di tempat-tempat tertentu tidak semuanya," katanya.

Menurut dia, hasil dialog dengan petani di Desa Kaibahan, persoalan pupuk masih aman dan petani masih mudah untuk mendapatkan pupuk.

Presiden Jokowi mengatakan kini petani tak perlu pakai kartu tani saat membeli pupuk subisidi, tetapi...
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News