Bursa Calon Wali Kota Semarang: Mbak Ita di Atas Angin

Sabtu, 20 Januari 2024 – 07:01 WIB
Bursa Calon Wali Kota Semarang: Mbak Ita di Atas Angin - JPNN.com Jateng
Diskusi bertajuk Membaca Politik Tahun 2024 Jelang Pilwalkot Semarang, di Rumah Popo Semarang, Jumat (19/1). FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Bursa bakal calon Wali Kota Semarang memunculkan tiga nama teratas. Nama Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menjadi teratas menuju pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Mbak Ita, sapaan akrabnya, menempati puncak dalam bursa yang disusul posisi kedua CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi kemudian Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminuddin.

Peneliti Aksara Research and Consulting Darmawan Iskandar mengungkapkan sebanyak tiga kali jajak pendapat sepanjang 2023, Mbak Ita selalu menduduki puncak bakal calon Wali Kota Semarang 2024

"Survei Januari-Februari 2023 konsen anak muda, Bu Ita di atas, Mei-Juni fokus umum semua pemilih juga Bu Ita teratas. Pada survei Desember yang sebenarnya tidak bisa kami buka, Bu Ita juga masih teratas," katanya, dalam diskusi bertajuk Membaca Politik Tahun 2024 Jelang Pilwalkot Semarang, di Rumah Popo Semarang, Jumat (19/1).

Dalam diskusi yang diselenggarakan Forum Media Online Kota Semarang (Fomos), Maman menyebut faktor petahana memengaruhi tingginya elektabilitas Mbak Ita.

"Bu Ita 35 persen, di atas angin. Bagi saya yang menarik bagi saya, tingkat popularitas Bu Ita yang lumayan tinggi menandakan incumbent bekerja, artinya modal besar sebagai incumbent," katanya.

Maman mengatakan metodologi yang dilakukan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang dikaitkan dengan isu tenaga kerja, lingkungan, infrastruktur, dan transportasi.

"Saya kira dari empat isu pokok tersebut, bisa melihat capaian yang dilakukan Bu Ita. Mungkin tanggap menyelesaikan persoalan lingkungan, ada banjir dia sigap, persoalan kebakaran sampah dia juga sigap," katanya.

Nama Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menjadi teratas menuju pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News