Tebing Sungai Klawing Purbalingga Longsor, Warga Berharap Pemerintah Segera Menangani

Senin, 22 Januari 2024 – 15:20 WIB
Tebing Sungai Klawing Purbalingga Longsor, Warga Berharap Pemerintah Segera Menangani - JPNN.com Jateng
Tebing Sungai Klawing di Kelurahan Bancar, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, setelah longsor pada tahun 2022 dan 11 Desember 2023. (ANTARA/Dokumentasi Herling Harris Nie)

jateng.jpnn.com, PURBALINGGA - Tebing Sungai Klawing yang terlatak di Kelurahan Bancar, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, longsor pada 2022 dan kembali mengalamai bencana serupa pada 11 Desember 2023.

Warga Kelurahan Bancar ??????yang bermukim di bantaran Sungai Klawing berharap pemerintah segera menangani tebing sungai yang longsor.

Herling Harris Nie?????, salah satu warga di lingkungan RT 01 RW 01 Kelurahan Bancar, mengatakan ada sekitar 20 rumah warga yang terdampak longsoran tebing sungai.

"Tujuh sampai delapan rumah warga di atasnya yang terancam terdampak tebing longsor," katanya, Senin (22/1).

Dia juga mengatakan bahwa ada beberapa rumah yang tanah di bagian belakangnya hilang sampai sepanjang 20 meter karena longsor.

Setelah kejadian longsor pertama, menurut dia, ada sejumlah pejabat pemerintah yang meninjau lokasi longsor dan warga mendapat informasi bahwa Pemerintah Kabupaten Purbalingga telah menyampaikan masalah itu ke Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) di Yogyakarta.

"Akan tetapi hingga kejadian kedua pada bulan Desember kemarin, yang memperparah longsoran, proyek ini belum direalisasi," kata Harris, yang telah bermukim di bantaran Sungai Klawing sejak tahun 1996.

Menurut dia, pejabat BBWSSO datang ke lokasi longsor setelah kejadian yang kedua dan menginformasikan bahwa penanganan longsor akan diambil alih oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Warga Kelurahan Bancar, Purbalingga berharap pemerintah segera menangani longsor yang terjadi di Sungai Klawing.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News