Pendakian Gunung Lawu Via Karanganyar Ditutup, Perhutani Beri Penjelasan

Jumat, 26 Januari 2024 – 19:20 WIB
Pendakian Gunung Lawu Via Karanganyar Ditutup, Perhutani Beri Penjelasan - JPNN.com Jateng
Pendakian via Karanganyar ditutup untuk sementara waktu di Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (26/1/2024). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, KARANGANYAR - Pendakian Gunung Lawu melalui Karanganyar, Jawa Tengah, untuk sementara waktu ditutup.

Administratur Perhutani KPH Surakarta Herry Merkussiyanto Putro mengatakan penutupan tersebut menyusul masuknya musim hujan dan bekas kebakaran beberapa waktu lalu.

"Sampai saat ini masih tertutup, belum ada pengecekan kembali ini apakah sudah aman dibuka atau belum," katanya, Jumat (26/1).

Dia mengatakan penutupan ini kaitannya dengan musim hujan disertai dengan risiko longsor akibat bekas kebakaran beberapa waktu lalu.

"Kaitannya dengan musim hujan, kalau musim hujan saja mungkin masih bisa diantisipasi dengan buka tutup, tetapi karena ada material kebakaran di atas kami khawatir sewaktu-waktu bisa luruh," katanya.

Penutupan jalur pendakian tersebut, kata dia, tidak hanya dilakukan melalui Karanganyar tetapi juga dari akses Jawa Timur.

"Di Jawa Timur juga sudah ditutup sejak tanggal 16 Januari. Kalau kami penutupan mulai delapan Januari," katanya.

Meski demikian, pihaknya belum dapat memastikan penutupan akan dilakukan hingga kapan.

Perhutani untuk sementara menutup pendakian Gunung Lawu via Karanganyar, Jawa Tengah menyusul masuknya musim hujan dan bekas kebakaran beberapa waktu lalu.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News