Wapres Ma'ruf Amin Luncurkan Kampus Multikultural di Lasem Rembang

Sabtu, 27 Januari 2024 – 20:00 WIB
Wapres Ma'ruf Amin Luncurkan Kampus Multikultural di Lasem Rembang - JPNN.com Jateng
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meluncurkan Kampus Multikultural STAI Al Hidayat Lasem Rembang, Jawa Tengah  (Jateng) Sabtu (27/1). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, REMBANG - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meluncurkan Kampus Multikultural Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayat Lasem Rembang, Jawa Tengah  (Jateng) Sabtu (27/1).

Ma'ruf Amin juga menghadiri Haul ke-52 KH Ma’shum Ahmad dan Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-101 Nahdlatul Ulama (NU) di Pondok Pesantren Kauman, Desa Karangturi, Kabupaten Rembang.

Ma'ruf Amin menyampaikan Kawasan Lasem menjadi tempat terjadinya akulturasi, perbauran antara masyarakat santri dengan masyarakat Tionghoa. Bahkan, daerah Lasem sudah menjadi kawasan yang toleran sejak abad 16 - 17.

"Sebenarnya ini contoh, dan ini barangkali yang menginspirasi, sehingga Indonesia itu sekarang dikenal negeri yang paling toleran di dunia," katanya.

Ma’ruf menceritakan belum lama ini pihaknya menerima tamu dari organisasi alim ulama di Timur Tengah. Mereka menyampaikan, ingin belajar mengenai toleransi dari Indonesia.

"Sebab, Indonesia adalah negeri paling toleran, yang bisa menjadi contoh bagi kehidupan global," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana menyebut Pondok Pesantren Kauman Lasem dan STAI Al Hidayat Lasem ini menarik dan unik karena berada di tengah-tengah kawasan yang selama ini kita kenal dengan Pecinan.

"Meski ada perbedaan etnis dan keyakinan di lingkungan tersebut, mereka tetap bisa hidup berdampingan. Toleransi diantara penduduk Tionghoa dan masyarakat pesantren terbangun dengan baik," ujarnya.

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meluncurkan Kampus Multikultural Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayat Lasem Rembang, Jawa Tengah  (Jateng) Sabtu (27
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News