Banjir Grobogan Merendam 2.662 Rumah & 56 Hektare Sawah Grobogan

Selasa, 06 Februari 2024 – 13:14 WIB
Banjir Grobogan Merendam 2.662 Rumah & 56 Hektare Sawah Grobogan - JPNN.com Jateng
Setidaknya 2.662 rumah dan 56 hekter area persawahan di Kabupaten Grobogan terendam banjir pada Selasa (6/2). Foto: Dokumentasi BPBD Jawa Tengah

jateng.jpnn.com, GROBOGAN - Setidaknya 2.662 rumah dan 56 hekter area persawahan di Kabupaten Grobogan terendam banjir pada Selasa (6/2). Banjir akibat curah hujan deras merendam 32 desa di 12 kecamatan di Kabupaten Grobogan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) juga mencatat enam fasilitas pendidikan, satu rumah ibadah, dan satu kandang sapi terendam banjir.

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan kondisi banjir di beberapa titik sudah berangsur surut. Saat ini masih dalam penanganan BPBD Provinsi Jateng dan BPBD Kabupaten Grobogan.

"Penyebab banjir tersebut adalah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada hari Senin malam, 5 Februari 2024," kata Nana di Kantor Gubernur Jateng, Selasa (6/2).

Nana menjelaskan hujan dengan intensitas tinggi tersebut mengakibatkan volume air di tiga daerah aliran sungai (DAS), yaitu Sungai Lusi, Sungai Serang, dan Sungai Tuntang yang berada di Kabupaten Grobogan meluap.

Kecamatan yang terdampak banjir tersebut meliputi, Godong, Tawangharjo, Geyer, dan Tegowanu, Penawangan, Purwodadi, Toroh, Karangrayung, Kedungjati, Tanggungharjo, Grobogan, dan Gubug.

Di Kecamatan Gubug, banjir menyebabkan Jalan Raya Semarang-Purwodadi terendam limpasan air, sehingga lalu lintas terputus.
Walau begitu, dia memastikan kondisi di lapangan, baik evakuasi masyarakat terdampak, penyiapan dapur umum, dan distribusi logistik yang diperlukan.

"BPBD Kabupaten Grobogan bersama Pemprov Jawa Tengah dibantu TNI dan Polri terus melakukan langkah-langkah untuk evakuasi," ujarnya.

Setidaknya 2.662 rumah dan 56 hekter area persawahan di Kabupaten Grobogan terendam banjir pada Selasa (6/2).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News