Paralympic Training Center di Karanganyar Dibangun, Hadiah untuk NPC Indonesia

Sabtu, 09 Maret 2024 – 12:42 WIB
Paralympic Training Center di Karanganyar Dibangun, Hadiah untuk NPC Indonesia - JPNN.com Jateng
Presiden Jokowi saat membuka pembangunan Paralympic Training Center di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (8/3/2024). Foto: Romensy Augustino/jpnn

jateng.jpnn.com, KARANGANYAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pembangunan Paralympic Training Center di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (8/3). Pembangunan itu disebutnya sebagai hadiah para atlet NPC Indonesia yang berprestasi.

"Saya senang karena di SEA Games selalu juara satu, kemudian di Asian Paralympic kadang juara enam kadang delapan, tetapi yang terakhir enam, ini sangat bagus sekali. Kalau di Asia Tenggara selalu juara umum. Saya harapkan prestasi yang dicetak semakin baik, menjadi inspirasi, dan mengharumkan nama bangsa dan negara," kata Jokowi dalam sambutannya. 

Paralympic Training Center sendiri berada di Kelurahan Delingan, Kecamatan/Kabupaten Karanganyar dengan luas 8 hektare. Pembangunannya nanti akan meliputi GOR, asrama atlet, dan lapangan atletik dengan anggaran mencapai Rp 409 miliar.

Jokowi mengatakan gagasan pembangunan Paralympic Training Center sebenarnya sudah lama. Namun baru tahun ini teralisasi dan tahap pertama ditargetkan selesai tahun ini juga 

"Di gor nanti ada kolam renang utama, kolam recovery, boccia, menembak, tenis meja, dan ruang multifungsi. Asramanya akan terdiri dua tower dengan lima lantai, kapasitas 188 kamar. Ada lapangan sepak bola, lintasan atletik 400 meter, delapan lintasan lari 100 meter, lintasan lompat jauh, untuk tolak peluru, dan loncat tinggi, komplit semuanya," ujar Jokowi.

Karena lokasinya berada di kaki Gunung Lawu, Jokowi berharap para atlet bisa betah. Sebab, udara di trining center cukup dingin.

"Sarana olahraga yang dibangun berstandar internasional untuk atlet disabilitas. Saya harap training center untuk atlet-atlet paralimpiade ini bisa dimanfaatkan untuk berlatih, memotifasi, dan mencetak prestasi," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menambahkan Paralympic Training Center ini sebagai hadiah atas prestasi atlet NPC dikancah internasional. Pembangunan ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, karena di Asia baru ada di Korea dan Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pembangunan Paralympic Training Center di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah,
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News