Waspada, Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Jateng 3 Hari, Berikut Sebarannya

Selasa, 12 Maret 2024 – 14:24 WIB
Waspada, Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Jateng 3 Hari, Berikut Sebarannya - JPNN.com Jateng
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Jawa Tengah. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prospek cuaca ekstrem awal Ramadan di sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Selama tiga hari ke depan tepatnya mulai Selasa (12/3) hingga Kamis (14/3) sebagian Jateng akan dilanda hujan lebat.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Yoga Sambodo mengatakan cuaca ekstrem dipengaruhi beberapa faktor, satu di antaranya karena dinamika atmosfer.

Dia mengatakan aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di wilayah Indonesia hingga aktivitas Monsun Asia berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator, serta sekitar wilayah Jateng.

"Aktifnya gelombang atmosfer Rossby Ekuator di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk di Jateng," ujar Yoga, dalam keterangan tertulis, Selasa (12/3).

Munculnya Bibit Siklon Tropis 91S terpantau di Samudra Hindia sebelah barat daya Banten bergerak ke arah tenggara atau selatan Pulau Jawa.

Begitu pula daerah konvergensi dan belokan angin terpantau di sekitar Jateng. Lalu labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jateng.

Kondisi itu menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Jateng tiga hari ke depan.

BMKG menyebut cuaca ekstrem akan melanda Jawa Tengah selama 3 hari. Berikut daerah yang harus waspada.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News