Banjir Semarang Mulai Surut, Mbak Ita Maksimalkan Pompa Portabel

Sabtu, 16 Maret 2024 – 19:20 WIB
Banjir Semarang Mulai Surut, Mbak Ita Maksimalkan Pompa Portabel - JPNN.com Jateng
Kondisi banjir di Jalan Raya Kaligawe, Kota Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sejumlah wilayah di Kota Semarang yang terdampak banjir sudah mulai berangsur surut. Penanganan banjir dengan memaksimalkan kinerja pompa-pompa milik Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dan BBWS Pemali Juana kini tinggal menunggu waktu.

Meski demikian, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu terus mendorong pemanfaatan pompa-pompa portabel. Seperti penanganan banjir di Jalan Kaligawe dan sekitarnya yang memaksimalkan kinerja Rumah Pompa Tenggang.

"Di rumah pompa Tenggang sedang hidup empat pompa dan ada tambahan lagi floating pompa dan mobile pompa, sehingga ada sembilan pompa yang dihidupkan baik yang eksisting maupun pompa yang mobile," ujarnya, seusai meninjau Rumah Pompa Tenggang dan sejumlah titik banjir, Sabtu (16/3).

Mbak Ita, sapaan akrabnya bersyukur saat ini elevasi air laut sudah mulai turun. Lalu lintas di Jalan Raya Kaligawe pun sudah mulai lancar, meski yang melintas masih kendaraan truk besar.

Mbak Ita pun menekankan agar dua rumah pompa pengendali banjir di Kaligawe dan sekitarnya yakni Tenggang dan Sringin terus beroperasi. Dirinya juga meminta agar pintu-pintu air tetap dibuka.

"Dan pompa lainnya juga sudah ada banyak, di belakang Rumah Sakit Sultan Agung ada lima pompa, ditambah lagi baru saja kiriman lagi dari BBWS. Jadi nanti kalau bisa dipecah," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengaku dari hasil pantauannya tinggal beberapa wilayah di empat kecamatan yakni Pedurungan, Semarang Utara, Genuk dan Gayamsari yang sebagian wilayahnya masih terendam banjir. Namun, ketinggian air sudah turun signifikan.

Dia menyebut di Tambakrejo yang kemarin banjir setinggi dada orang dewasa, kini sudah surut bahkan sudah bersih. Karena ada pompa yang bisa menarik ke Banjir Kanal Timur (BKT). Menurutnya, kini genangan yang paling tampak hanya tinggal di depan SPBU dekat Makam Syekh Jumadil Kubro Terboyo.

Sejumlah wilayah di Kota Semarang yang terdampak banjir sudah mulai berangsur surut, Mbak Ita memaksimalkan pompa portabel.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News