Wali Kota Semarang Sidak Wilayah Tergenang Saat Libur Lebaran

Senin, 15 April 2024 – 23:45 WIB
Wali Kota Semarang Sidak Wilayah Tergenang Saat Libur Lebaran - JPNN.com Jateng
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat sidak titik genangan di Plamongan Indah. FOTO: Humas Pemkot Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memanfaatkan cuti bersama libur Lebaran 2024 untuk meninjau sejumlah titik yang sering terjadi genangan.

Salah satunya dengan melakukan tinjauan di Rumah Pompa Plamongan Indah Semarang pada Minggu (14/4). Di sana, Mbak Ita, sapaan akrabnya menyebut berdiskusi dengan tokoh masyarakatnya memecahkan masalah.

"Saya memang mengecek semua tempat yang sering terjadi genangan di Kota Semarang. Walaupun tadi disampaikan oleh masyarakat dan tokoh-tokoh bahwa genangan hanya terjadi sebentar," ujar Mbak Ita, dalam keterangan, Senin (15/4).

Dari hasil inspeksi mendadak (sidak) tersebut ada sejumlah permasalahan yang ditemukan menjadi penyebab genangan. Persoalan tersebut yaitu, kapasitas pompa yang tidak sebanding dengan debit air.

"Apalagi betul dugaan saya, di sini kan banyak dibangun perumahan-perumahan baru," katanya. Hasil temuan tersebut akan menjadi dasar peningkatan kapasitas pompa dan perluasan kolam retensi.

Kondisi tersebut dipicu dengan jumlah pemukiman yang kian padat. Sebelumnya, kapasitas pompa dapat menampung debit air kala hanya ada Perumahan Plamongan Hijau.

"Tetapi kian ke barat makin banyak perumahan. Ini tentunya menambah beban air yang menumpuk di rumah pompa Plamongan Indah," ujarnya.

Belum lagi, persoalan air yang masuk di saluran Jalan Majapahit ikut mengalir ke rumah pompa Plamongan Indah. Sedangkan kapasitas pompa hanya 350 liter per detik.

Saat libur Lebaran, Wali Kota Semarang lakukan sidak wilayah tergenang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News