BPBD Banjarnegara: Waspada Cuaca Ekstrem!

Rabu, 17 April 2024 – 15:33 WIB
BPBD Banjarnegara: Waspada Cuaca Ekstrem! - JPNN.com Jateng
Petugas BPBD Kabupaten Banjarnegara dan Pemerintah Desa Punggelan mengecek salah satu titik longsor di Dusun Jebug RT O2 RW 10, Desa Punggelan, Kecamatan Pungelan, Banjarnegara, Kamis (11/4/2024). ANTARA/HO-BPBD Banjarnegara

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Cuaca ekstrem diprediksi akan melanda sejumlah daerah di Jawa Tengah terjadi hingga 18 April 2024.

Termasuk daerah yang akan dilanda cuaca ekstrem adalah Kabupaten Banjarnegara.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara pun mengimbau warga di wilayah rawan bencana tanah bergerak dan longsor untuk mewaspadai cuaca ekstrem.

"Berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi hingga Kamis (18/4) di sejumlah wilayah Jateng, salah satunya Banjarnegara," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo, Rabu (17/4).

Dia mengakui sebagian besar wilayah Kabupaten Banjarnegara termasuk daerah rawan bencana longsor dan tanah bergerak, sehingga warga setempat diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi terjadinya bencana tersebut terutama saat terjadi hujan lebat.

Kendati demikian, dia mengatakan dalam satu pekan terakhir belum ada laporan kejadian bencana alam di Kabupaten Banjarnegara.

"Semoga tetap aman dan terkendali meskipun masih ada potensi cuaca ekstrem," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan kejadian bencana tanah longsor di Kabupaten Banjarnegara terakhir terjadi pada Rabu (10/4) di Dusun Jebug RT O2 RW 10, Desa Punggelan, Kecamatan Pungelan, yang mengakibatkan dua rumah tertimbun material longsoran dan dua rumah lainnya rusak berat sehingga tidak bisa dihuni.

BPBD Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengimbau warga di wilayah rawan bencana tanah bergerak dan longsor selama cuaca ekstrem.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News