Rangkaian Puncak HUT ke-44 Dekranas di Solo Meraup Putaran Uang Rp 4,3 Miliar

Senin, 20 Mei 2024 – 05:30 WIB
Rangkaian Puncak HUT ke-44 Dekranas di Solo Meraup Putaran Uang Rp 4,3 Miliar  - JPNN.com Jateng
Rangkaian puncak HUT ke 40 tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Kota Solo berakhir, Sabtu (18/5) malam. Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Rangkaian puncak HUT ke 40 tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Kota Solo berakhir, Sabtu (18/5) malam. Event yang sudah berlangsung sejak Rabu (15/8) itu mencatatkan beberapa capaian.

"Bismillahirrahmanirrahim dengan mengucapkan alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, saya dengan ini menutup rangkaian acara HUT ke -4, expo produk unggulan Dekranas dan Dekranasda yang mana tepat berakhir hari ini. Dengan ini, saya menyatakan kegiatan HUT ke-44 Dekranas dinyatakan resmi ditutup," Ujar Pembina Dekranas Tri Suswati Karnavian.

Tutur hadir dalam acara penutupan itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, PJ Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Ketua Panitia Peringatan HUT ke-44 Dekranas Loemongga Agus Gumiwang, Ketua Dekranasda Solo Selvi Ananda dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Loemongga Agus Gumiwang mengungkapkan bahwa selama 4 hari penyelenggaraan terdapat sejumlah kegiatan seperti syukuran, pameran produk unggulan kerajinan binaan Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia, fashion show, parade mobil hias kriya dan budaya, serta penghargaan stand terbaik.

Loemongga menyebut bahwa berdasarkan data yang dihimpun, total ada lebih dari 13.000 pengunjung dengan nilai transaksi mencapai Rp 4,3 miliar dalam 4 hari penyelenggaraan.

"Semoga acara ini memberikan inspirasi dan semangat baru bagi kita semua untuk terus bekerja dalam memajukan industri kerajinan Indonesia. Marilah kita menjaga warisan budaya kita dan mengembangkan kreativitas inovasi dan memastikan produk lokal kita makin dikenal dan dihargai baik di dalam negeri maupun mancanegara," tutur dia.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka mengaku puas dengan event tersebut. Menurutnya, antuasis warga cukup baik dan uang yang berputar sangat tinggi.

"Cukup baik, ramai, perputaran uangnya juga luar biasa utamanya yang ada di booth-booth. Keterlibatan warga, pawainya juga ramai," ujar dia.

Rangkaian puncak HUT ke 40 tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Kota Solo berakhir, Sabtu (18/5) malam.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News