Menjelang Grebeg Besar, Bupati Demak Pisowanan ke Kasepuhan Kadilangu

Rabu, 22 Mei 2024 – 15:05 WIB
Menjelang Grebeg Besar, Bupati Demak Pisowanan ke Kasepuhan Kadilangu - JPNN.com Jateng
Bupati Demak Eisti'anah melakukan Pisowanan ke Kasepuhan Kadilangu di Ndalem Kasepuhan Sasono Renggo, Rabu (22/05). Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, DEMAK - Bupati Demak Eisti'anah melakukan Pisowanan ke Kasepuhan Kadilangu di Ndalem Kasepuhan Sasono Renggo, Rabu (22/05). Pisowanan sudah menjadi tradisi menjelang Grebeg Besar.

Dalam acara ini, mereka membicarakan perihal pokok dalam melaksanakan kegiatan Penjamasan Pusaka peninggalan Sunan Kalijaga pada 10 Zulhijah atau pada Iduladha 2024.

Rombongan Bupati Eisti’anah yang di dampingi Wakil Bupati berserta Forkopimda disambut langsung Sesepuh Kadilangu Raden Muhammad Cahyo Iman Santoso beserta kelurga ahli waris.

Bupati Eisti'anah menyampaikan maksud dan tujuan Pisowanan untuk bersilaturahmi serta mohon doa restu kepada segenap sesepuh pinisepuh di Kadilangu karena dalam waktu dekat punya gawe perayaan pasar rakyat Grebeg Besar.

”Semoga kegiatan Grebeg Besar tahun ini dapat berlangsung dengan meriah, aman dan sukses tanpa terkendala apa pun,” kata Eisti.

Terkait usulan tradisi tumpeng sempilang yang akan dipercepat, pihaknya masih mengkajinya.

"Kami akan melihat sejarahnya. Kami tidak berani jika harus mengubah pakemnya," tutur bupati.

Sesepuh Raden Muhammad Cahyo Iman Santoso berharap pisowanan ini dapat menambah kedekatan dan menjadi wujud sinergi antara Pemkab Demak dengan Kadilangu.

Bupati Demak Eisti'anah melakukan Pisowanan ke Kasepuhan Kadilangu di Ndalem Kasepuhan Sasono Renggo, Rabu (22/05) menjelang Grebeg Besar.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News