Momen Dwi Utami Mengikuti Grebeg Besar di Solo, Dapat Dua Ikat Kacang Panjang

Selasa, 18 Juni 2024 – 14:35 WIB
Momen Dwi Utami Mengikuti Grebeg Besar di Solo, Dapat Dua Ikat Kacang Panjang - JPNN.com Jateng
Warga Semarang Dwi Utami (29) berhasil mendapatkan Pala Kesimpar Gunungan Jaler saat mengikuti Grebeg Besar Keraton Kasunanan Solo, Selasa (18/6). Foto: Romensya Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Warga Semarang Dwi Utami (29) berhasil mendapatkan Pala Kesimpar Gunungan Jaler saat mengikuti Grebeg Besar Keraton Kasunanan Solo, Selasa (18/6). Diungkapkannya bahwa hasil yang didapat akan diolah menjadi menu makanan.

Dwi mendapatkan informasi tentang Grebeg Besar Keraton Kasunanan Solo dari media sosial Instagram. Dia datang karena bertepatan dengan liburannya ke Solo.

"Saya dari Semarang, sekalian liburan, sekalian cari ilmu dan untuk ikut melestarikan kebudayaan yang ada di Jawa Tengah," kata dia.

Wanita berprofesi sebagai guru SMA N 9 Semarang itu pun ikut berebut Gunungan Jaler di Masjid Agung Solo dan berhasil mendapatkan dua ikat kacang panjang.

"Ini dapat sayuran. Semoga nanti kehidupannya dapat sehat, bisa punya kebun, bisa sehat dan ikut mensyukuri nikmat Allah. Rencana mau dimasak, disayur," katanya.

Di sisi lain, Pengageng Parentah Keraton Solo KGPH Dipokusumo mengungkapkan bahwa ini digelar setahun 3 kali, yakni Grebeg Besar saat Iduladha, Grebeg Maulud saat sekatenan, dan Grebeg Syawal saat Idulfitri.

Untuk Grebeg Besar tahun ini bertepatan pada Selasa (18/6) dalam perhitungan kalender Jawa, yaitu tanggal 10 Besar (bulan dalam Jawa).

"Grebeg sudah dilaksanakan sejak era Demak, sampai sekarang dan telah ditetapkan sebagai warisan cagar budaya tak benda garda peringkat nasional," ujarnya saat diwawancarai.

Warga Semarang Dwi Utami (29) berhasil mendapatkan Pala Kesimpar Gunungan Jaler saat mengikuti Grebeg Besar Keraton Kasunanan Solo, Selasa (18/6).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News