Ada Acara Baru di Festival Gunung Slamet 2024, Ditunggu Saja

Rabu, 03 Juli 2024 – 17:28 WIB
Ada Acara Baru di Festival Gunung Slamet 2024, Ditunggu Saja - JPNN.com Jateng
Tradisi pengambilan air Gunung Slamet dari mata air Tuk Sikopyah menjadi salah satu acara unggulan dalam Festival Gunung Slamet yang digelar secara rutin di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. ANTARA/HO-Dinporapar Purbalingga

jateng.jpnn.com, PURBALINGGA - Festival Gunung Slamet (FGS) VII 2024 yang menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 akan menampilkan acara baru.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga R Budi Setiawan mengatakan ada beberapa hal yang berbeda dibandingkan tahun lalu, yakni dengan adanya Serang Carnival.

"Serang Carnival ini belum ada di tahun lalu, ini menampilkan tema Seven Beauty," katanya di Purbalingga, Rabu (3/7).

Dia mengatakan Serang Carnival tersebut tidak hanya milik warga Desa Serang, Kecamatan Karangreja, karena akan menampilkan berbagai pesona yang ada di Kabupaten Purbalingga, seperti Gunung Slamet, Owabong, Purbasari, Desa Wisata Lembah Asri Serang (D'LAS), potensi stroberi, industri knalpot dan industri bulu mata.

Menurut dia, tema Seven Beauty tersebut akan ditampilkan dalam bentuk busana yang diperagakan melalui acara Serang Carnival.

"Hal lain yang berbeda dengan tahun lalu berupa Gelar Kesenian Lingkar Gunung Slamet. Jadi, kita mengundang kabupaten-kabupaten di sekitar Gunung Slamet seperti Pemalang, Tegal, Brebes, dan Banyumas untuk mengirimkan duta-duta keseniannya guna tampil di panggung," katanya.

Menurut dia, gelar kesenian tersebut ditujukan agar pergelaran FGS dapat menimbulkan efek berganda (multiplier effect) pada sektor ekonomi tidak hanya untuk warga Purbalingga, juga masyarakat kabupaten lain di sekitar Gunung Slamet dapat menampilkan produk UMKM maupun keseniannya seperti yang diharapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Terkait dengan persiapan FGS VII yang digelar pada tanggal 12-14 Juli 2024, Budi mengatakan pihaknya telah beberapa kali diskusi dengan Pemerintah Desa Serang selaku penyelenggara maupun Direktorat Event Daerah Kemenparekraf.

Festival Gunung Slamet (FGS) VII 2024 yang menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 akan menampilkan acara baru.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News