PPDB 2024, Masih Ada 78 Kursi Kosong untuk SMA/SMK di Jawa Tengah

Kamis, 04 Juli 2024 – 08:00 WIB
PPDB 2024, Masih Ada 78 Kursi Kosong untuk SMA/SMK di Jawa Tengah - JPNN.com Jateng
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng Uswatun Hasanah. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Hasil dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 menunjukkan masih ada setidaknya 78 kursi kosong di SMA dan SMK negeri di Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng Uswatun Hasanah menyebutkan kekurangan kursi itu ada di satu SMA dan sisanya tersebar di beberapa SMK negeri di berbagai wilayah di Jateng.

Untuk yang SMA, kata dia, ada di SMAN 1 Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan yang kemungkinan disebabkan faktor geografis, yakni letak sekolah yang berada di daerah terpencil.

"Kalau SMA-nya itu dua kursi (kosong, red.) di SMAN 1 Petungkriyono, itu, kan, di gunung. Kalau SMK-nya yang tersebar, sedang direkap karena laporan per masing-masing cabdin (cabang dinas)," katanya di Semarang, Rabu (3/7).

Uswatun sudah memberikan arahan kepada seluruh kepala sekolah untuk tidak menyalahgunakan jabatan demi mengisi kekosongan kursi.

Dia mengatakan bahwa Disdikbud Jateng akan melakukan sejumlah pengaturan dan koordinasi kepada berbagai pihak untuk mengantisipasi penyalahgunaan wewenang dari kepala sekolah bersangkutan.

"Atas kondisi ini (kursi kosong, red.), maka kepada para kepala sekolah telah kami pesankan untuk tidak menetapkan pengaturan secara mandiri guna menghindari potensi penyalahgunaan wewenang," katanya.

Diakuinya, kuota yang disediakan SMA/SMK negeri di Jateng pada PPDB tahun ini memang baru bisa menampung sekitar 41 persen dari jumlah lulusan SMP maupun madrasah tsanawiyah (MTs) yang ada.

Hasil dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 menunjukkan masih ada setidaknya 78 kursi kosong di SMA dan SMK negeri di Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News