Viral Anak-anak Surfing di Bendungan Pleret Sungai BKB, Pemkot Semarang Ingatkan Potensi Bahaya

Rabu, 17 Juli 2024 – 13:11 WIB
Viral Anak-anak Surfing di Bendungan Pleret Sungai BKB, Pemkot Semarang Ingatkan Potensi Bahaya - JPNN.com Jateng
Sejumlah anak-anak dan remaja sedang bermain seluncuran di Pintu Air Bendung Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) Semarang yang belakangan viral dan membuat masyarakat penasaran datang untuk menonton. (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Belakangan ini, anak-anak dan remaja melakukan surfing atau seluncuran di Pintu Air Bendung Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) Semarang. Fenomena tersebut pun viral di media sosial.

Menanggapi fenomena tersebut, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengingatkan potensi bahaya.

Dia meminta anak-anak dan remaja yang bermain seluncuran untuk waspada karena arus sungai cukup deras dan air bah bisa datang sewaktu-waktu.

"Saat ini memang masih viral terkait 'surfing' Pleret di BKB itu. Memang jadi suatu keunikan, karena kebetulan airnya itu sedang surut. Tetapi kami harapkan tetap waspada, karena ada kekhawatiran kalau terjadi air bah," kata sosok yang akrab disapa Mbak Ita tersebut, Rabu (17/7).

Dia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait prakiraan cuaca sehingga bisa memberikan informasi terkini atas kondisi cuaca yang terjadi.

Sebab, aliran Sungai BKB dipengaruhi oleh kondisi cuaca di Kabupaten Semarang, sebab ketika kabupaten tetangga itu dilanda hujan maka dapat dipastikan debit air di sungai tersebut melimpah.

"Kami juga minta DPU (Dinas Pekerjaan Umum) untuk melihat dan mengecek EWS (Early Warning System) yang terpasang. Nanti akan ada semacam sinyal 'warning' kalau terjadi kiriman air lebih besar. Agar anak-anak bisa waspada juga," katanya.

Secara umum, dia mengaku tidak memberikan larangan, tetapi meminta masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja yang beraktivitas seluncuran itu untuk tetap waspada da berhati-hati.

Pemerintah Kota Semarang mengingatkan potensi bahaya atas fenomena surfing atau seluncuran di Pintu Air Bendung Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) Semarang.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia