Manfaat Asupan Gizi Seimbang di Tengah Pandemi yang Jarang Diketahui

Senin, 21 Februari 2022 – 04:35 WIB
Manfaat Asupan Gizi Seimbang di Tengah Pandemi yang Jarang Diketahui - JPNN.com Jateng
Remaja yang kekurangan gizi dapat berakibat fatal. Ilustrasi pepaya untuk asupan gizi: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, PURWOKERTO - Kesehatan menjadi isu yang selalu penting. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Oleh sebab itu, Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Nurhati Febriani, Sp.GK, FINEM, AIFO-K menekankan asupan gizi seimbang untuk dipenuhi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi individu.

"Asupan gizi seimbang sangat penting, karena di masa pandemi Covid-19 seperti kita tahu terdapat risiko paparan virus. Sementara proses infeksi virus dan inflamasi dapat meningkatkan risiko terjadinya malnutrisi," katanya di Purwokerto, Minggu (20/2).

Dokter yang praktik di RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara, Jawa Tengah itu juga mengatakan untuk mencegah malnutrisi diperlukan perhitungan kebutuhan energi yang sesuai.

"Perlu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kehidupan sehari-hari dan tentunya harus mengandung makronutrien, seperti karbohidrat, protein, lemak serta mikronutrien, seperti vitamin dan mineral, yang juga tidak kalah penting yaitu air," katanya.

Dia menambahkan, manfaat mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan baik adalah membuat berat badan normal, stabil atau sehat.

"Dengan demikian tubuh tidak akan mudah terkena penyakit infeksi, produktivitas kerja meningkat serta terlindung dari penyakit kronis dan kematian dini akibat penyakit," katanya.

Dia mencontohkan, pola makan yang kurang baik tentunya adalah pola makan dengan gizi yang tidak seimbang, pola makan tanpa menyesuaikan dengan kebutuhan energi tubuh dan makan dengan menu yang tidak sehat.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Nurhati Febriani mengungkapkan manfaat gizi sempurna di tengah pandemi yang jarang diketahui.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News