Melihat Kagiatan KKN Undip di Desa Madegondo Sukoharjo, Ada Sosialisasi Soal Mindful Parenting

Senin, 12 Agustus 2024 – 09:00 WIB
Melihat Kagiatan KKN Undip di Desa Madegondo Sukoharjo, Ada Sosialisasi Soal Mindful Parenting - JPNN.com Jateng
Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro di Desa Mdagondo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo membuat berbagai program untuk masyarakat setempat. Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SUKOHARJO - Sejumlah mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Madegondo, Kecamatan Grogol, Kebupaten Sukoharjo pada 11 Juli-20 Agustus 2024.

Mereka yang tergabung dalam KKN TIM II Undip tersebut melaksanakan berbagai kegiatan sosial dan edukatif yang berkolaborasi dengan warga Desa Madegondo.

Salah satu programnya adalah sosialisasi mengenai pengasuhan anak dengan tema Mindful Parenting: Emang Penting?.

"Peran mindful parenting dalam pengasuhan anak dapat membantu orang tua untuk lebih sadar akan tindakan dan dampak yang diterapkan kepada perkembangan anak," kata Cherry Marcella Oktavia, salah satu mahasiswa Fakultas Psikologi Undip yang mempresentasikan sosialisasi tersebut.

Dia menjelaskan bahwa dalam pengasuhan anak gaya mindful parenting terdapat lima komponen utama yang sangat penting.

Pertama, mendengarkan dengan penuh perhatian dan berbicara dengan empati. Kedua, tidak boleh menghakimi. Ketiga, kesadaran mengatur emosi diri. Keempat, adil dan bijaksana. Kelima, cinta welas asih, kesuksesan bukan prestasi.

"Dengan menerapkan lima komponen kepada anak-anak, mereka akan mampu tumbuh dengan baik," ujarnya.

Kegiatan Lain

Begini kegiatan mahasiswa KKN TIM II Undip Semarang di Desa Madegondo, Sukoharjo, Jawa Tengah. Ada sosialisasi peran mindful parenting.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News