Massa Aksi di Solo: Pulangkan Jokowi

Kamis, 22 Agustus 2024 – 21:12 WIB
Massa Aksi di Solo: Pulangkan Jokowi - JPNN.com Jateng
Ribuan massa serukan 'Pulangkan Jokowi' saat demo menolak Revisi UU Pilkada yang dilakukan oleh DPR RI di Kota Solo, Kamis (22/8). Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Ribuan massa serukan 'Pulangkan Jokowi' saat demo menolak Revisi UU Pilkada yang dilakukan oleh DPR RI di Bundaran Gladak, Solo, Kamis (22/8) pukul 14.00 WIB.

Massa tersebut terdiri dari sejumlah elemen masyarakat dan BEM se-Solo Raya.

Setelah berkumpul dan berdiri melingkar, massa aksi melanjutkan dengan berorasi secara bergantian. "Pulangkan Jokowi, pulangkan Jokowi. Datangkan Jokowi yang dulu dari Surakarta. Bermula dari Surakarta, merusak negeri kita," kata orator demo.

"Apakah kita terima kawan-kawan. Angkat identitas lembaga kita. Kita serukan, kita suarakan kabinet yang katanya Indonesia Maju, ini kita buktikan Indonesia mundur," lanjutnya.

Setelah menyuarakan orasi, massa bergerak dan berjalan mundur ke Balai Kota Surakarta sekitar pukul 14.30 WIB. Mereka berjalan mundur sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan dilanjutkan orasi kembali.

Selama demo, personel gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol-PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub) ketat melakukan penjagaan.

"Kami siagakan 439 personel tersebar di beberapa titik, ini sebagai antisipasi aksi massa yang kemungkinan terus berlanjut," kata Wakapolresta Surakarta AKBP Catur Cahyono Wibowo di sela-sela penjagaan.

Lebih lanjut, massa yang turun diperkirakan sebanyak kurang lebih 1.000 orang sesuai surat pemberitahuan.

Ribuan massa serukan 'Pulangkan Jokowi' saat demo menolak Revisi UU Pilkada yang dilakukan oleh DPR RI.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News