Gempa Megathrust Mengintai, Pemprov Jateng Keluarkan Surat Edaran

Sabtu, 31 Agustus 2024 – 08:04 WIB
Gempa Megathrust Mengintai, Pemprov Jateng Keluarkan Surat Edaran - JPNN.com Jateng
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mengeluarkan surat edaran (SE) tentang langkah dan upaya kesiapsiagaan seluruh instansi dan masyarakat terkait ancaman gempa megathrust.

Gempa bumi megathrust tersebut menjadi ancaman karena yang berpotensi gempa dan tsunami.

Sementara Pemprov Jateng mengeluarkan Surat Edaran Nomor 360.0/2094 tertanggal 28 Agustus 2024 dan ditandatangani Sekretaris Daerah Jateng Sumarno,

SE ini dikeluarkan untuk merespons informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait zona megathrust di Indonesia.

"Kami sudah melakukan mitigasi. Setelah mendapat info dari BMKG, kami langsung membuat surat edaran ke kabupaten/kota agar melakukan mitigasi," kata Sumarno, Jumat (30/8).

Selain melakukan mitigasi bencana, dia berharap seluruh masyarakat berdoa agar ancaman bencana gempa dan tsunami tidak terjadi.

Terutama, masyarakat di sejumlah daerah di Jateng yang berhadapan langsung dengan zona megatrust, di antaranya Kabupaten Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Wonogiri.

"Antisipasi tetap kami lakukan. Harapan kami itu (gempa dan tsunami, red.) tidak terjadi, kalau toh terjadi kita ada kesiapsiagaan untuk antisipasi," katanya.

Pemprov Jawa Tengah mengeluarkan SE tentang langkah dan upaya kesiapsiagaan seluruh instansi dan masyarakat terkait ancaman gempa megathrust.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia