Demonstrasi Mahasiswa di Semarang Berakhir Ricuh, Komnas HAM Lakukan Investigasi

Kamis, 29 Agustus 2024 – 20:36 WIB
Demonstrasi Mahasiswa di Semarang Berakhir Ricuh, Komnas HAM Lakukan Investigasi - JPNN.com Jateng
Polisi saat menembakkan gas air mata ke arah massa aksi di Balai Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (26/8). Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Demonstrasi mahasiswa di depan DPRD Kota Semarang, Jawa Tengah berakhir ricuh pada 26 Agustus 2024.

Kerusuhan mahasiswa -yang juga massa dari pelajar ikut terlibat- dengan polisi itu menjadi perhatian publik.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pun melakukan investigasi.

"Kami turun ke Semarang karena ada aksi besar 26 Agustus lalu yang menyedot perhatian nasional," kata Komisioner Komnas HAM Saurlin Siagian di Semarang, Kamis (29/8).

Menurut dia, sekitar tiga hari tim dari Komnas HAM berada di Semarang untuk mengumpulkan bukti dan meminta keterangan saksi dan korban dalam kericuhan antara mahasiswa dan polisi itu.

Komnas HAM bertemu dengan pejabat Polda Jawa Tengah, mahasiswa, korban, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, hingga pendamping dari kelompok masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, tim juga mengumpulkan rekaman CCTV untuk dianalisis.

Dia menuturkan unjuk rasa merupakan ekspresi kebebasan berpendapat yang memerlukan perlindungan negara.

Demonstrasi mahasiswa di depan DPRD Kota Semarang, Jawa Tengah berakhir ricuh pada 26 Agustus 2024, Komnas HAM lakukan investigasi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News