23 Orang di Sragen Masuk Rumah Sakit Gegara Keracunan Makanan

Kamis, 05 September 2024 – 07:00 WIB
23 Orang di Sragen Masuk Rumah Sakit Gegara Keracunan Makanan - JPNN.com Jateng
Ilustrasi keracunan makanan massal. Ilustrator: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SRAGEN - Sebanyak 23 orang mengalami keracunan massal setelah menghadiri acara selapanan bayi di Dukuh Kalikunci, Desa Dawung, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Mereka mengalami pusing dan mual setelah 12 jam menyantap hidangan acara.

Kepala Dinkes Kabupaten (DKK) Sragen Udayanti Proborini mengungkapkan bahwa para korban mendapatkan perawatan dari puskesmas dan rumah sakit terdekat. Total ada 23 orang yang menunjukkan gejala keracunan. 

"Pasien 23 orang. Di Puskesmas Sambirejo ada 16 orang, di Puskesmas Gondang enam orang, dan satu dirujuk ke RSUD dr Soehadi. Yang rawat jalan tidak ada," katanya pada Rabu (4/9).

Udayanti menyebut bahwa pihaknya langsung mendatangi lokasi, setelah mendapatkan laporan keracunan massal itu. Penyelidikan Epidemiologi (PE) dilakukan bersama tim Puskesmas Sambirejo.

"Pengambilan sempel sudah, kami setelah mendapatkan kabar langsung ke Sambirejo. Sudah ke lokasi, sudah ambil sempel untuk dilakukan pemeriksaan, sudah melakukan PE dengan tim puskesmas," ujarnya.

Udayanti menduga bahwa gejala yang ditunjukan oleh 23 warga itu akibat keracunan makanan dalam acara salah seorang warga. Namun untuk kepastiannya, pihak DKK masih menunggu hasil laboratorium dari sempel makanan yang sudah diambil.

"(Ada acara) Selapanan, makanan gudangan. Sempel yang ada diambil semua. Hasilnya kami menunggu dari provinsi," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Camat Sambirejo Didik Purwanto mengatakan ada sekitar 45 orang yang hadir dalam acara tersebut. Beberapa orang yang rawat jalan, sempat kembali ke fasilitas kesehatan.

Sebanyak 23 orang mengalami keracunan massal setelah menghadiri acara selapanan bayi di Dukuh Kalikunci, Desa Dawung, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News