SCU-Diaspora Maluku Kerja Sama Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Program KKN & Pendidikan Bahasa

Senin, 23 September 2024 – 15:00 WIB
SCU-Diaspora Maluku Kerja Sama Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Program KKN & Pendidikan Bahasa - JPNN.com Jateng
Diskusi terkait penjajakan kerja sama antara SCU Semarang dengan Diaspora Maluku berlangsung di Kampus 1 SCU Bendan dengan tema Membangun Kemitraan Strategis SCU & Diaspora Maluku, pada Jumat (20/9). Foto: Humas SCU Semarang

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Soegijapranata Catholic University (SCU) Semarang, Jawa Tengah melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menjalin kemitraan dengan Diaspora Maluku dalam meningkatkan kulitas sumber daya manusia (SDM) di Maluku.

Kerja sama ini merupakan komitmen SCU dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia bagian timur, khususnya di Maluku.

Kepala LPPM SCU Dr. Yustina Trihoni Nalesti Dewi mengatakan fokus utama kerja sama ini adalah pada pengembangan keterampilan bahasa Inggris, yang dinilai penting di era globalisasi saat ini.

"Maluku sebagai wilayah kepulauan terluar, memerlukan perhatian khusus dalam pengembangan pendidikan dan peningkatan SDM," katanya saat diskusi terkait penjajakan kerja sama ini berlangsung di Kampus 1 SCU Bendan dengan tema Membangun Kemitraan Strategis SCU & Diaspora Maluku, pada Jumat (20/9).

Melalui kerja sama dengan Diaspora Maluku, kata dia, SCU berharap bisa berkontribusi secara langsung dalam upaya ini.

Salah satu strategi nyata yang direncanakan adalah melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang akan melibatkan mahasiswa dalam proyek-proyek pengabdian di Maluku.

"Mahasiswa akan kami libatkan secara aktif, tidak hanya dalam peningkatan kualitas pendidikan tetapi juga dalam pengembangan kemampuan bahasa Inggris di sana,” ujar Yustina.

Program ini diharapkan dapat memberikan dampak langsung terhadap masyarakat Maluku, terutama di wilayah yang masih minim akses pendidikan berkualitas.

SCU Semarang menjalin kemitraan dengan Diaspora Maluku dalam meningkatkan kulitas SDM di Maluku.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News