Kembangkan Energi Terbarukan, Udinus Sulap Sampah Plastik jadi BBM, Keren!

Selasa, 24 September 2024 – 16:03 WIB
Kembangkan Energi Terbarukan, Udinus Sulap Sampah Plastik jadi BBM, Keren! - JPNN.com Jateng
Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang melakukan terobosan di bidang energi baru terbarukan (EBT) dengan menciptakan sebuah inovasi sampah dijadikan BBM di Kabupaten Boyolali. Foto: Dokumentasi untuk JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang melakukan terobosan di bidang energi baru terbarukan (EBT) dengan menciptakan sebuah inovasi.

Inovasi yang diciptakan oleh kampus berbasis teknologi itu adalah mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar.

Proyek ini dijalankan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Desa Jeron, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, dengan harapan mampu memberikan solusi pengelolaan sampah plastik di wilayah tersebut.

Bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali, Udinus mengolah sampah plastik yang mengandung polimer diubah menjadi hidrokarbon dengan nilai tinggi.

Ketua Pusat Energi Terbarukan dan Pangan Fakultas Teknik Udinus Semarang Kusmiyati mengatakan proses ini memanfaatkan teknologi pirolisis, sebuah metode inovatif yang mampu mengubah sampah plastik menjadi solar.

“Teknologi pirolisis ini memungkinkan kita mengubah satu kilogram sampah plastik menjadi satu liter solar. Bahkan, jika proses pemurnian dilanjutkan, kita bisa menghasilkan bahan bakar jenis Dexlite," ujarnya kepada JPNN.com, Selasa (24/9).

Dia menyebutkan Desa Jeron dipilih sebagai lokasi uji coba karena tantangan dalam pengelolaan sampahnya masih cukup tinggi.

"Harapannya, Desa Jeron bisa menjadi percontohan untuk daerah lain dalam pengelolaan sampah plastik menjadi BBM," ungkapnya.

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang melakukan terobosan di bidang energi baru terbarukan (EBT) dengan menciptakan sebuah inovasi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News