Ketika Nabi Muhammad SAW Ditanya, Bagaimanakah Islam yang Paling Baik?

Jumat, 11 Maret 2022 – 11:30 WIB
Ketika Nabi Muhammad SAW Ditanya, Bagaimanakah Islam yang Paling Baik? - JPNN.com Jateng
Seorang Muslim. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pada suatu ketika, Nabi Muhammad SAW ditanya sahabatnya tentang bagaimankah Islam yang paling baik.

Saat ditanya demikian, Nabi kemudian menjelaskan karakter seorang Muslim.

Hadis tentang Muslim yang paling baik ini terdapat dalam Shahih Bukhari nomor 10, yang artinya:

"Dari Abi Musa berkata: mereka bertanya, 'wahai Rasullullah SAW, bagaimanakah Islam yang paling baik? Nabi menjawab, 'seorang Muslim yang menyelamatkan Muslim lainnya dari bencana akibat perbuatan lidah dan tangannya."

Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Baari (syarah Shahih Bukhari) Juz 1 halaman 91 menjelaskan keutamaan seorang Muslim akan bisa dicapai salah satu dari sifat atau hal-hal yang disebutkan dalam hadis di tersebut.

Menurutnya, dengan jawaban Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan tentang karakter seorang Muslim maka sahabat tidak akan bertanya lagi lantaran penjelasan sudah mencukupi.

Jawaban Nabi yang demikian, kata dia, mengikuti gaya bahasa Al-Qur'an, sebagaimana firman Allah SWT:

"Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah, 'Harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin dan orang yang dalam perjalanan.' Dan kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui." (QS Al Baqarah: 15)

Pada suatu ketika Nabi Muhammad SAW ditanya, bagaimanakah Islam yang paling baik? Jawabannya diabadikan dalam Shahih Bukhari.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News