Tiba di IKN, Ganjar Bawa Air dan Tanah dari Pusat Bumi Jawa, Buat Apa?

Senin, 14 Maret 2022 – 08:16 WIB
Tiba di IKN, Ganjar Bawa Air dan Tanah dari Pusat Bumi Jawa, Buat Apa? - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat tiba di Balikpapan, Minggu (13/3). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, KALIMANTAN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginjakkan kakinya di Balikpapan, Kalimantan Timur hendak menuju lokasi calon pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Minggu (13/3).

Ganjar menghadiri undangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk datang ke lokasi calon pembangunan IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ganjar juga membawa air dan tanah, sesuai pesanan dari Jokowi saat mengundang 33 gubernur dari seluruh Indonesia.

Rencananya, air dan tanah dari masing-masing daerah akan disatukan dalam sebuah Kendi Nusantara.

"Iya, air dan tanah yang diminta presiden sudah saya bawa, tetapi rahasia dari mana itu saya ambil," kata Ganjar bercanda kepada awak media saat tiba di Balikpapan.

Ganjar menuturkan dua pesanan dari Jokowi itu diambilnya dari sejumlah gunung di Jawa Tengah yang diyakini sebagai puser bumi atau pusatnya dunia.

Ia menyebut lokasi pengambilan air dan tanah dilakukan setelah konsultasi dan menerima rekomendasi dari para sesepuh Jawa.

"Ada beberapa lokasi di Jawa Tengah yang dikenal sebagai puser bumi. Maka kemudian tanah dan air dari situ yang saya bawa," tuturnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginjakkan kakinya di lokasi calon pembangunan IKN Nusantara.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News