Soal Ritual Kendi Nusantara, Ganjar: Ini Tradisi, Jepang Juga Sama!

Senin, 14 Maret 2022 – 09:00 WIB
Soal Ritual Kendi Nusantara, Ganjar: Ini Tradisi, Jepang Juga Sama! - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bertemu dengan para pengurus Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) yang menggagas Desa Inklusi se Kalimantan Raya di Mangrove Center Graha Indah, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3). Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, BALIKPAPAN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama sejumlah gubernur dari 33 daerah seluruh Indonesia telah tiba di Kalimantan Timur menghadiri undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (13/3).

Sesuai permintaan Jokowi, Ganjar membawa air dan tanah nantinya akan disatukan di titik nol yang menjadi lokasi dibangunnya calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Seluruh gubernur diminta menaruhkan tanah dan air yang mereka bawa dari masing-masing daerah ke dalam kendi besar yang terbuat dari tembaga secara bergiliran.

Aksi ritual yang disebut Kendi Nusantara tersebut sempat dinilai banyak pihak sebagai kegiatan yang tidak masuk akal atau klenik. Di mata Ganjar, justru prosesi tersebut merupakan bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia yang telah melekat.

"Semua daerah pasti punya sendiri-sendiri, ada nilai-nilai luhur yang bisa dilakukan," kata Ganjar saat tiba di Balikpapan kepada awak media.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan meskipun sudah memasuki jaman modern, tetapi sebagai anak bangsa tidak dapat lepas dari kebudayaan yang ada di daerah.

"Iya, boleh bicara modern, kekinian dengan referensi buku-buku baru. Namun, kita mesti punya kepribadian dalam kebudayaan, ini kultural," kata Ganjar.

Tak hanya itu saja, Ganjar menyebut ritual seperti yang akan diselenggarakan nanti di lokasi IKN Nusantara tidak hanya terjadi di Indonesia. Hal yang sama juga dilakukan di Jepang saat akan melakukan sebuah pembangunan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut mengomentari ritual Kendi Nusantara yang buat heboh. Begini kata dia.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News