Unika Soegijapranata Jadi Tuan Rumah Kongres ke 39 Aptik 2022, MBKM Jadi Sorotan

Rabu, 23 Maret 2022 – 22:43 WIB
Unika Soegijapranata Jadi Tuan Rumah Kongres ke 39 Aptik 2022, MBKM Jadi Sorotan - JPNN.com Jateng
Kongres APTIK diselenggarakan di Ballroom Borobudur, Hotel Santika Premiere, Rabu (23/3). Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata menjadi tuan rumah gelaran Kongres ke-39 Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (Aptik) 2022 di Kota Semarang.

Kongres tahunan tersebut akan membahas sejumlah isu yang menjadi perhatian masyarakat maupun pemerintah sejak Rabu (23/3) sampai Jumat (25/3) mendatang.

Wakil Ketua Aptik Yulius Yasinto mengatakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi perhatian untuk dibahas bersama 20 perwakilan Perguruan Tinggi Katolik.

Menurutnya, konsep MBKM sudah dilakukan oleh Gereja Katolik sejak lama. Konsep tersebut telah berjalan untuk kemerdekaan mahasiswa.

"Kurang lebih 20 sampai 30 tahun lalu dalam eskorde ensiklik untuk kemerdekaan mahasiswa, kemandirian, dan keterbukaan perbedaan," kata Yulius sebelum pelaksanaan Kongres ke 39 Aptik di Ballroom Borobudur, Hotel Santika Premiere, Rabu (23/3).

Yulius menuturkan program MBKM harus berjalan dengan wajah baru khususnya terhadap pengembangan platform online.

"Kalau ini mau dijalankan, harus ada perombakan mindset termasuk tingkat berpikir pemerintah karena permasalahan administrasi sangat memakan waktu," tuturnya.

Selain MBKM yang menjadi fokus perhatian, pihaknya juga tengah konsen terhadap persoalan yang menyangkut Sustainable Development Goals (SDGs) perhatian di daerah-daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

Kongres ke 39 Aptik 2022 digelar di Unika Soegijapranata. Sederet isu penting dari MBKM hingga SDGs akan dibahas dalam 3 hari.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News