Tengkleng Yu Tentrem, Kuliner Solo yang Buat Keluarga Soeharto Jatuh Hati

Kamis, 24 Maret 2022 – 17:35 WIB
Tengkleng Yu Tentrem, Kuliner Solo yang Buat Keluarga Soeharto Jatuh Hati - JPNN.com Jateng
Karyawan warung Tengkleng Yu Tentrem saat sedang mengolah masakan, Kamis (24/03/2022). Foto : Romensy Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Tengkleng menjadi salah satu menu andalan dari ratusan jenis warung kuliner yang ada di Kota Solo. Setiap warung memiliki ciri khas rasanya masing-masing.

Warung-warung itu juga memiliki ciri tersendiri saat menyajikan makanan yang memanfaatkan potongan tulang berdaging itu.

Salah satu tempat yang terkenal di Kota Solo untuk menikmati kuliner ini adalah Tengkleng Yu Tentrem di Kampung Ngadisono RT 001/RW 002 Joglo, Banjarsari.

Letaknya tidak berada di pinggir jalan besar, melainkan berada di tengah kampung. Namun, hal tersebut tidak menghilangkan pamornya.

Tengkleng Yu Tentrem menjadi salah satu makanan favorit di Kota Solo dan menjadi langganan dari keluarga Soeharto selama puluhan tahun.

Warung tengkleng itu kini telah berumur 3 generasi. Purwaningsih (49) adalah pemiliknya saat ini.

Menurutnya, usaha kuliner tersebut dirintis oleh nenek buyutnya, kemudian diwariskan kepada ibunya (Yu Tentrem).

“Saat dipegang ibu saya, banyak dikenal masyarakat. Setelah ibu meninggal, saya yang melanjutkan,” ujar Purwaningsih saat diwawancarai di warungnya, Kamis (24/3).

Tengkleng Yu Tentrem yang terletak di tengah kampung, ternyata memiliki cita rasa luar biasa. Kuliner Solo ini sampai jadi makanan favorit keluarga Soeharto.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia