Alokasi Asuransi Tanaman Padi di Kudus Capai 3.550 Ha, Buruan Dimanfaatkan

Sabtu, 26 Maret 2022 – 01:13 WIB
Alokasi Asuransi Tanaman Padi di Kudus Capai 3.550 Ha, Buruan Dimanfaatkan - JPNN.com Jateng
Seorang petani tengah menanam tanaman padi. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

jateng.jpnn.com, KUDUS - Kabupaten Kudus mendapatkan alokasi program asuransi tanaman padi seluas 3.550 hektare (ha) dari pemerintah pusat dan Jawa Tengah.

Alokasi tersebut diberikan melalui program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang memberikan jaminan atas lahan garapan petani ketika dilanda banjir atau serangan hama.

"Perinciannya, dari pemerintah pusat seluas 3.150 ha dan dari Pemerintah Provinsi Jateng seluas 400 ha," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Dewi Masitoh, Jumat (25/3).

Saat ini, pihaknya masih melakukan sosialisasi kepada para petani tentang pentingnya mengikuti program AUTP.

Dia menyampaikan bagi petani yang berminat akan didata untuk diikutkan program tersebut.

"Ketika terdaftar pada program AUTP, garapan petani yang puso akibat banjir atau serangan hama tidak perlu khawatir karena akan mendapatkan ganti untung atas biaya sudah dikeluarkan," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, lahan sawah yang sudah ditanami padi dan berada di daerah rawan bencana alam, seperti banjir atau serangan hama bisa didaftarkan untuk mendapatkan bantuan premi asuransi dari pemerintah.

Dewi menjelaskan pemerintah mensubsidi 80 persen program AUTP atau sebesar Rp 36 ribu.

Kudus mendapat alokasi program asuransi tanaman padi seluas 3.550 Ha. Petani tak perlu lagi khawatirkan kerugian akibat puso.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News