Distributor Jual Minyak Goreng Sistem Paket, Gibran Seolah Tak Berdaya

Selasa, 29 Maret 2022 – 03:00 WIB
Distributor Jual Minyak Goreng Sistem Paket, Gibran Seolah Tak Berdaya - JPNN.com Jateng
Puluhan pedagang saat sedang mengantre di Toko Nugroho, Senin (28/03/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Toko Nugroho, salah satu distributor minyak goreng curah di Kota Solo, Jawa Tengah, masih mererapkan sistem penjualan paket kepada pedagang.

Distributor di kawasan Pasar Legi Solo itu mewajibkan para pedagang yang kulakan minyak goreng curah di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 15.500 per Kg, harus juga membeli produk bahan pangan seperti, gula, gandum, atau tepung.

Setiap pedagang yang membeli satu jerigen minyak seberat 17 Kg wajib membeli pula 1 sak gula, gandum atau tepung, tergantung pilihan pembeli. Aturan tersebut sudah berlaku sepekan lalu.

Kendati demikian, pantauan JPNN.com di lapangan, puluhan warga masih rela mengantre di sana. Mereka tak punya pilihan lain di tengah langkanya minyak goreng.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka seolah tak melihat kondisi tersebut. Saat dimintai tanggapannya, dia hanya mengatakan bahwa tindakan distributor tidak etis.

"Ya sebenarnya enggak etis ya, apalagi pembeliannya jadi cukup banyak di momen yang agak menyulitkan seperti ini, jangan," katanya.

Sebelumnya, Mandor Toko Nugroho Watik (47) mengatakan pihaknya menerapkan sistem penjualan paket minyak goreng dengan produk lainnya lantaran minimnya stok.

"Kalau tidak ada aturan itu antrenya panjang banget. Kami jual di bawah HET, Rp 15.300. Di tempat lain ada yang Rp 17 ribu," katanya.

Fenomena penjualan minyak goreng curah sistem paket masih dilakukan distributor di Kota Solo. Gibran hanya bilang itu enggak etis.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News