Magelang, Solo, dan Salatiga Masuk 10 Besar Kota Paling Toleran di Indonesia

Kamis, 31 Maret 2022 – 15:38 WIB
Magelang, Solo, dan Salatiga Masuk 10 Besar Kota Paling Toleran di Indonesia - JPNN.com Jateng
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menyampaikan sambutan saat menerima penghargaan Kota Magelang masuk dalam 10 besar kota paling toleran di Indonesia. (ANTARA/HO-Pemerintah Kota Magelang)

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Sejumlah tiga daerah di Jawa Tengah masuk dalam 10 besar kota paling toleran di Indonesia 2021. Hal itu berdasarkan riset Indeks Kota Toleran (IKT) oleh SETARA Institute for Democracy and Peace.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengatakan dia menerima penghargaan sebagai kota paling toleran itu di Jakarta, Rabu (30/3) malam.

Aziz mengaku bangga dengan apresiasi yang diberikan SETARA Institute for Democracy and Peace.

Sebab, kata dia, wilayahnya adalah satu-satunya kota yang di 2020 tidak masuk 10 besar, tetapi kini di 2021 langsung merangsek ke enam besar.

"Ini penghargaan bagi warga Kota Magelang karena sikap toleransi masyarakat yang tinggi. Beragamnya agama, ras, dan budaya bukan menjadi penghalang untuk selalu bersikap toleran kepada sesama," katanya, Kamis (31/3).

Kota Magelang menempati posisi keenam dengan meraih skor 6.020 dan mengungguli Kota Ambon di posisi ketujuh dengan skor 5.900).

Bekasi di posisi kedelapan dengan skor 5.830, Solo di posisi kesembilan dengan skor 5.783, dan Kediri di posisi ke-10 dengan skor 5.733.

Untuk posisi lima besar ditempati Singkawang di urutan pertama dengan skor 6.483, Manado urutan kedua dengan skor 6.400, Salatiga urutan ketiga dengan skor 6.337, Kupang urutan keempat dengan skor 6.337, dan Tomohon urutan kelima dengan skor 6.133.

SETARA Institute memasukkan Magelang, Solo, dan Salatiga dalam 10 besar kota paling toleran di Indonesia. Magelang paling mengejutkan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News