Stok Beras, Jagung, & Kedelai di Jateng Surplus, 3 Komoditas Lain Defisit

Jumat, 08 April 2022 – 12:13 WIB
Stok Beras, Jagung, & Kedelai di Jateng Surplus, 3 Komoditas Lain Defisit - JPNN.com Jateng
Sejumlah komoditas strategis di Jawa Tengah mengalami surplus, salah satunya beras. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah memastikan tiga komoditas strategis di wilayah ini mengalami surplus sehingga kondisi stok pangan aman.

"Sejumlah komoditas strategis dipastikan berkecukupan. Selain beras, jagung, dan kedelai, telur ayam juga surplus," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Jateng Dyah Lukisari, Jumat (8/4).

Dyah menyebut komoditas beras di Jateng diperkirakan surplus hingga 1,2 juta ton pada April 2022, serta komoditas jagung yang surplus 2,9 juta ton, dan kedelai surplus 651 ribu ton.

Bawang merah juga surplus 66 ribu ton, cabai surplus 43 ribu ton, telur ayam surplus 21 ribu ton, dan gula pasir surplus 38 ribu ton.

"Surplus tersebut diperkirakan dapat mencukupi kebutuhan penduduk Jawa Tengah hingga Hari Raya Idulfitri nanti," ujarnya.

Kendati demikian, dirinya menyebut ada beberapa komoditas yang menjadi perhatian Dinas Ketahanan Pangan Jateng, yakni bawang putih, daging sapi, dan daging ayam.

Menurut dia, ketiga komoditas tersebut pada April diperkirakan akan mengalami defisit stok.

Namun, dia meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Ketiga komoditas yang posisinya defisit akan dipenuhi dari daerah lain di Indonesia.

Stok beras, jagung, dan kedelai di Jawa Tengah mengalami surplus bulan ini. Namun, kabar itu juga diikuti 3 komoditas yang alami defisit.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News