Menjelang Akhir Tahun, Bulog Surakarta Akan Mengendalikan Harga Beras

Minggu, 01 September 2024 – 21:37 WIB
Menjelang Akhir Tahun, Bulog Surakarta Akan Mengendalikan Harga Beras - JPNN.com Jateng
Wakil Pimpinan Cabang Bulog Surakarta Dicki Yusfarino saat melihat stok beras medium di Gudang Bulog Banaran Kartasura, Sabtu (31/08). Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperingatkan Perum Bulog untuk mengendalikan harga beras yang melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET).

Menanggapi hal tersebut, Bulog Surakarta telah menyiapkan langkah-langkah strategis guna menstabilkan harga beras dan memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat Solo Raya khususnya saat memasuki bulan Desember 2024.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir mengungkapkan bahwa harga beras di tingkat penggilingan saat ini mencapai Rp 12.816 per kilogram, sedangkan di tingkat grosir mencapai Rp 13.572 per kilogram. 

Di tingkat pengecer, harga beras bahkan mencapai Rp 14.677 per kilogram, yang jauh di atas HET yang telah ditetapkan.

"Saya sangat pesimis harga ini bisa turun kalau tidak kami persiapkan dengan baik. Artinya, harus bisa dihitung dengan baik oleh Bulog sebagai penyangga kebutuhan pangan nasional, karena beras ini kebutuhan pokok kami,” ujarnya di Solo.

Sementara itu, kata dia, berdasarkan pantauan di Pasar Legi Solo, harga beras medium telah dijual di angka Rp. 12.500 per kilogram atau berada di ambang batas HET yang telah ditetapkan pemerintah.

Sementara beras premium yang memiliki HET Rp. 14.900 per kilogram telah dijual di angka Rp. 16.500 per kilogram.

Merespons hal tersebut, Wakil Pemimpin Cabang Bulog Surakarta Dicki Yusfarino mengungkapan bahwa pihaknya akan fokus terhadap dua hal yakni menjamin ketersedian stok dan menggencarkan bantuan pangan guna menstabilkan harga.

Bulog Surakarta akan melakukan pengendalian harga besar menjelang akhir tahun ini.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia