Donor Darah di Kudus Selama Ramadan Hanya dari Jemaat Gereja, Stok Menipis

Senin, 18 April 2022 – 11:18 WIB
Donor Darah di Kudus Selama Ramadan Hanya dari Jemaat Gereja, Stok Menipis - JPNN.com Jateng
Stok darah di PMI Cabang Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Kudus sudah menipis dan hanya cukup untuk memenuhi permintaan dalam beberapa hari mendatang.

Menurut Humas Unit Donor Darah PMI Cabang Kudus Praptiningsih pada Senin total stok darah yang tersedia sebanyak 214 kantong.

Perinciannya, darah lengkap untuk golongan darah A sebanyak 34 kantong, B sebanyak 95 kantong, AB sebanyak 23 kantong, dan O sebanyak 45 kantong serta trombosit sebanyak 14 kantong.

Padahal, dia mengatakan, permintaan dari satu rumah sakit yang memiliki bank darah bisa sampai 60-an kantong dan PMI harus memenuhi permintaan banyak rumah sakit.

Dia mengatakan bahwa PMI Kudus melayani permintaan darah dari rumah sakit yang berada di wilayah Kabupaten Kudus maupun rumah sakit di luar daerah yang membutuhkan.

Praptiningsih mengatakan bahwa selama bulan puasa kegiatan donor darah berkurang.

"Kegiatan donor selama puasa memang berkurang, terutama dari karyawan perusahaan yang selama ini memiliki jadwal tetap donor diliburkan sementara, sehingga kami hanya mengandalkan donor malam hari dan relawan dari jemaat gereja di Kudus," ujarnya, Senin (18/4).

Pekan ini, kata dia, tiga gereja dijadwalkan melakukan kegiatan donor darah dan selain itu ada mobil donor yang dikerahkan untuk menyediakan layanan donor keliling seusai salat tarawih.

Stok darah di Kudus menipis selama Ramadan. Donor darah hanya mengandalkan dari relawan jemaat gereja.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News