Pola Pemudik Asal Solo Bergeser, Mode Transportasi Umum Lebih Dipilih

Selasa, 10 Mei 2022 – 13:00 WIB
Pola Pemudik Asal Solo Bergeser, Mode Transportasi Umum Lebih Dipilih - JPNN.com Jateng
Beberapa pemudik sedang menunggu bus mereka pesan di Ruang Tunggu, Terminal Tirtonadi, Solo, Senin (9/05/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Pola penggunaan moda transportasi pemudik di Solo, selama Lebaran tahun ini mengalami pergeseran dari penggunaan kendaraan pribadi roda empat ke transportasi umum.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Adhytiawarman Gautama Putra, Senin (9/05). 

"Prediksi awal pemudik mayoritas jalur darat menggunakan kendaraan pribadi roda empat. Namun, berganti mode tranportasi umum," katanya. 

Menurutnya, pergantian moda transportasi itu adalah upaya masyarakat untuk menghindari kemacetan. Selain itu, adanya program mudik gratis juga menjadi pertimbangan. 

"Upaya menghindari kemacetan lebih dipahami dengan berganti mode transportasi. Ada juga program mudik gratis serta fasilitas layanan publik yang mulai membaik juga bisa menjadi alasan pergeseran pola mudik," jelasnya.

Satlantas Polresta Solo, mencatat adanya peningkatan signifikan jumlah penumpang di terminal dan stasiun. Sedangkan arus lalu lintas dalam kota menurun. 

Kasatlantas menerangkan, kondisi normal di Terminal Tirtonadi Solo, jumlah bus mencapai 1.033 armada dengan 2.876 penumpang. Sedangkan, kondisi saat ini mencapai 1.082 bus dengan 4.372 penumpang.

"Jumlah bus mengalami kenaikan 14 persen dan penumpang mengalami kenaikan 65 persen," jelas dia.

Pola penggunaan moda transportasi pemudik Kota Solo, selama lebaran tahun ini mengalami pergeseran.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News