Walubi Jateng: Walaupun Kami Buddha, Umat Masih Banyak yang kejawen

Rabu, 11 Mei 2022 – 19:07 WIB
Walubi Jateng: Walaupun Kami Buddha, Umat Masih Banyak yang kejawen - JPNN.com Jateng
Audiensi DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Jawa Tengah di Polda Jawa Tengah, Rabu (11/5). Foto: Humas Polda Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Umat Buddha di Jawa Tengah akan menggelar perayaan Hari Raya Waisak 2563/2022 di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Senin (16/5) mendatang.

Perayaan Waisak tahun ini tetap memberlakukan protokol kesehatan ketat menyesuaikan status PPKM Level 2 di Kabupaten Magelang.

Ketua DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Jawa Tengah Tanto Harsono mengatakan tema yang diusung yaitu Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan.

"Akan ada pelepasan lampion, kami terbuka bagi yang mau ikut pukul 19.30 dan 21.00 WIB," kata Tanto saat ditemui seusai audiensi di Mapolda Jawa Tengah, Rabu (11/5).

Tanto menyatakan perayaan di pelataran Candi Borobudur diselenggarakan secara nasional. Nantinya, tempat ibadah akan menerapkan sistem zonasi.

"Satu zona kami batasi 1.200 orang, tetapi bila lebih bisa ikut zona dua ada screen LED dan tenda," imbuhnya.

Tanto menyampaikan rangkaian Waisak telah berlangsung sejak pekan lalu. Diawali dengan kegiatan Karya Bakti di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang.

"Akan dilanjutkan ritual kejawen di Candi Pawon, Mendut, dan Borobudur," ucap Tanto.

Umat Buddha bakal menggelar perayaan Waisak. Selain di Candi Borobudur, acara juga akan digelar di kawasan Api Abadi Mrapen. Ini ternyata alasannya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News