Kopi Temanggung Siap Mendunia, Konjen RI di Melbourne Beri Sinyal Positif

Rabu, 18 Mei 2022 – 11:03 WIB
Kopi Temanggung Siap Mendunia, Konjen RI di Melbourne Beri Sinyal Positif - JPNN.com Jateng
Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo (tengah) melakukan "zoom meeting" dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Melbourne Australia. ANTARA/HO - Bagian Prokompim Kabupaten Temanggung

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Cita rasa kopi Temanggung sudah lama diakui dunia. Hal itu terlihat dari sejumlah kejuaraan festival dunia yang dimenangi kopi dari daerah pegunungan Jawa Tengah ini.

Untuk memantapkanya, Pemkab Temanggung melakukan penjajakan pasar kopi di Australia. Sebagai langkah awal, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo telah melakukan zoom meeting dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Melbourne Australia.

"Ini baru langkah penjajakan saja, masih ada langkah-langkah selanjutnya," katanya, Selasa (17/5).

Dia mengatakan, peluang kopi Temanggung untuk dipasarkan di negeri Kangguru tersebut cukup besar, mengingat selama ini kopi Temanggung juga sudah menjuarai beberapa festival kopi tingkat dunia.

"Festival kopi di Atlanta Amerika Serikat, kopi Temanggung bisa mendapatkan juara. Hal ini menjadi salah satu peluang besar untuk kopi Temanggung," katanya.

Menurut dia, tanggapan Konjen RI di Melbourne Kuncoro Waseso sangat bagus. Oleh karena itu diharapkan ada zoom meeting lanjutan secara teknis. Apalagi di Melbourne itu menjadi pusat perdagangan kopi di Australia.

Dia menyampaikan Kemungkinan kopi Temanggung sudah masuk ke negara tersebut, hanya saja dengan menggunakan nama lain karena tidak dikirim dari Temanggung.

"Ke depan jangan sampai kopi Temanggung tidak terlindungi, dan tidak ada namanya di situ," katanya.

Pemkab telah melakukan rapat dengan Konjen RI di Melbourne soal prospek Kopi Temanggung. Begini hasilnya.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News