Siap-siap, Akan Ada Penertiban Besar-besaran PKL di Solo

Kamis, 19 Mei 2022 – 22:06 WIB
Siap-siap, Akan Ada Penertiban Besar-besaran PKL di Solo - JPNN.com Jateng
Kepala Satpol PP Kota Surakarta Arif Darmawan. ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Pemerintah Kota Surakarta, akan menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di sejumlah titik. Salah satu lokasi yang menjadi target razia adalah di kawasan Beteng Vastenburg.

"Di Beteng Vastenburg itu, kan, melanggar Perda Cagar Budaya. Seharusnya steril," kata Kepala Satpol PP Kota Surakarta Arif Darmawan, Kamis (19/5).

Menurutnya, di kawasana tersebut terdapat sekitara 63 PKL. Dia mengatakan, beberapa tahun lalu lokasi tersebut sudah bersih dari PKL, bahkan penertiban pernah dilakukan oleh Satpol PP dan instansi terkait.

Namun, sejak terjadi pandemi Covid-19 kantung PKL tersebut muncul kembali. Oleh karena itu, kata Arif Darmawan, saat ini lokasi tersebut dikembalikan sesuai dengan fungsi awal sebagai cagar budaya.

"Paling tidak kami sosialisasikan terlebih dahulu sambil menunggu kebijakan dari Dinas Perdagangan seperti apa," katanya.

Dikatakannya bahwa penertiban PKL juga akan digelar di sekitar patung keris di depan Terminal Tirtonadi Solo.

Arif memprediksi ada sekitar 30 PKL di kawasan tersebut.

"Selain itu, beberapa titik seperti alun-alun utara setiap Senin dan Kamis ada pedagang bermobil, itu juga jadi perhatian kami," katanya.

Satpol PP akan melakukan penertiban besar-besaran di sejumlah kawasan yang menjadi kantong-kantong PKL di Solo.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News