PLTSa Putri Cempo Solo Siap Uji Coba, Tenaga Ahlinya dari India

Kamis, 19 Mei 2022 – 21:10 WIB
PLTSa Putri Cempo Solo Siap Uji Coba, Tenaga Ahlinya dari India - JPNN.com Jateng
Mesin-mesin yang sudah terpasang di PLTSa Putri Cempo Solo. ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo Solo akan memulai uji coba (commissioning) pada akhir Mei 2022.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta Gatot Sutanto mengatakan sebetulnya uji coba akan dilakukan pada awal Mei lalu. Namun, rencana urung terlaksana lantaran banyak jadwal libur.

"Rencana, awal Mei, tapi karena banyak liburnya jadi akhir Mei untuk uji coba," katanya, Kamis (19/5).

Dia menjelaskan saat ini semua persiapan sudah matang, termasuk tenaga ahli dari India.

"Persiapan raw material sudah, penyiapan biodrying sudah dikerjakan di blok A. Tenaga ahli untuk comissioning juga sudah karena mesinnya sesuai dengan yang direncanakan atau tidak, kan, yang buat yang tahu," katanya.

Proses yang juga harus diikuti adalah assessment dari PLN yang nantinya akan mendistribusikan listrik tersebut ke masyarakat.

"Yang penting nanti setelah commissioning ada evaluasi, harapannya berjalan sesuai rencana. Target operasionalnya Desember," katanya.

Dia mengatakan uji coba mesin hanya baru sebagian dari seluruh mesin yang akan beroperasi di PLTSa Putri Cempo. Untuk mesin berikutnya akan terpasang di kisaran pada Oktober atau November.

PLTSa Putri Cempo Solo bakal melakukan uji coba. Mesin yang akan diujicobakan serta tenaga ahli dari India sudah siap semu.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News