Komisi IX Desak Pemerintah Beri Bantuan Pekerja Terdampak Rob di Semarang

Minggu, 05 Juni 2022 – 20:06 WIB
Komisi IX Desak Pemerintah Beri Bantuan Pekerja Terdampak Rob di Semarang - JPNN.com Jateng
Sepeda motor milik pekerja terendam banjir rob di tempat parkir kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher turut menyoroti persoalan banjir rob yang baru-baru ini melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Netty mendesak pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap nasib pekerja yang terkena imbas banjir rob di Semarang tersebut.

"Dari informasi yang kami terima, perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan tersebut meliburkan pekerjanya," kata Netty dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/6).

Menurutnya, rob tidak hanya sekadar menjadi bencana wilayah pesisir, tetapi juga mengancam aktivitas ekonomi.

Pasalnya, kerugian yang tak sedikit itu telah mengganggu puluhan ribu pekerja yang mencari penghasilan di pabrik-pabrik sekitar.

"Pemerintah harus memastikan agar tidak terjadi pemotongan gaji pekerja dan pengurangan hak lainnya akibat diliburkannya pekerja," tuturnya.

Selain ancaman pemotongan gaji, Netty menyebut ada hal lain yang tak kalah penting diperhatikan pemerintah, seperti terendamnya kendaraan milik pekerja.

"Banjir rob menimbulkan kerugian bagi pekerja. Ada banyak kendaraan mereka yang ikut terendam," ujarnya.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mendesak pemerintah memberikan bantuan kepada pekerja terdampak rob Semarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News