Tanggul Sungai Meduri Pekalongan Bocor, Puluhan Orang Dievakuasi

Jumat, 24 Juni 2022 – 18:17 WIB
Tanggul Sungai Meduri Pekalongan Bocor, Puluhan Orang Dievakuasi - JPNN.com Jateng
Wali Kota Pekalongan Afzan Arlan Djunaid sedang memberikan paket sembako pada warga terdampak banjir dan rob. (Humas/HO-Humas Kota Pekalongan)

jateng.jpnn.com, PEKALONGAN - Tanggul Sungai Meduri di Desa Tegal Dowo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mengalami bocor sehingga air menggenangi sejumlah permukiman warga setempat, Jumat (24/6).

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pekalongan Dimas Arga Yudha mengatakan dampak tanggul Sungai Meduri rusak menyebabkan air melimpas.

Akibatnya, permukiman warga di RW 3, 4, 5, dan 6 Kelurahan Pasirsarikraton Kramat, terendam dengan ketinggian rata-rata 40 sentimeter.

"Jadi sejak tadi malam, kami bersama petugas PMI, dan relawan, serta stakeholder setempat melakukan upaya kesiapsiagaan, monitoring, serta patroli di wilayah rawan," katanya.

Dimas mengatakan Jumat pagi sudah ada permintaan evakuasi dari warga RW 6 Kelurahan Pasirsari. Ada 24 jiwa atau sembilan keluarga yang sudah dievakuasi.

"Untuk kebutuhan pengungsi, selain sudah disiapkan matras untuk tidur, kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinsos P2KB untuk pemberian logistik makanan," katanya.

Berdasar prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), per hari ini ketinggian gelombang mulai turun yaitu tidak mencapai 1 meter dan air pasang terjadi mulai pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Ketinggian gelombang kurang lebih 0,9 meter sehingga gelombang pasang ada kecenderungan turun," kata Dimas Arga.

Tanggul Sungai Meduri Pekalongan mengalami kebocoran. Puluhan warga yang terdampak pun dievakuasi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News