G20 di Solo, Djatmiko Bris Ungkap 3 Agenda Utama Jokowi, Semoga Terwujud

Kamis, 07 Juli 2022 – 04:00 WIB
G20 di Solo, Djatmiko Bris Ungkap 3 Agenda Utama Jokowi, Semoga Terwujud - JPNN.com Jateng
Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia bersama sebagian peserta pertemuan Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 di Solo, Rabu (6/7/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI Djatmiko Bris Witjaksono mengungkapkan agenda utama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pertemuan Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 di Solo.

Menurutnya, TIIWG G20 yang digelar pada 5-7 Juli 2022 mendorong realisasi tiga agenda utama yang dicanangkan oleh Jokowi.

"Salah satunya bagaimana memperkuat infrastruktur kesehatan global," katanya di Hotel Alila Solo, Rabu (6/7).

Dua agenda yang lain adalah mendorong digitalisasi dan memastikan adanya energi transisi.

Melalui pertemuan tersebut, negara-negara anggota G20 juga berupaya memastikan proses reformasi World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia bisa berjalan sesuai dengan aspirasi para anggota baik negara berkembang maupun tidak berkembang.

"Tadi arahan dari Pak Menteri Investasi (Bahlil Lahadalia) clear, bahwa ada kesamaan posisi di antara negara-negara, sama-sama punya suara, punya hak," katanya.

Dia mengatakan pertemuan negara-negara anggota WTO di Jenewa, Swiss, beberapa waktu lalu memberikan hasil yang sangat baik dan sejalan dengan visi misi yang diusung di G20.

"Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat ada proses investasi berkelanjutan, memperhatikan aspek lingkungan, sosial. Kami memastikan adanya kesamaan pandangan sehingga ada komitmen mewujudkan apa yang diarahkan oleh presiden," katanya.

Dirjen Djatmiko Bris mengungkapkan tiga agenda utama Jokowi dalam G20 di Solo. Oh ternyata.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News