12 Investor Siap Beroperasi di KIT Batang, Butuh Puluhan Ribu Pekerja

Jumat, 08 Juli 2022 – 11:35 WIB
12 Investor Siap Beroperasi di KIT Batang, Butuh Puluhan Ribu Pekerja - JPNN.com Jateng
FGD KIT Batang, Jawa Tengah, di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/7/2022). Foto: KSP

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan mengungkapkan 12 investor siap beroperasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

Oleh sebab itu, saat ini pemerintah terus melakukan penguatan pekerja lokal untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di sana.

Menurutnya, dalam beberapa tahun ke depan, KIT Batang memerlukan setidaknya 28.000 tenaga kerja terampil.

"Kebutuhan tenaga kerja di sana sekitar 20.500-an orang, dalam jangka panjang bisa 28.000-an orang. Ini yang harus kami siapkan. Bagaimana pekerja lokal tidak jadi penonton, tetapi menjadi pekerja di daerahnya sendiri, " katanya dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.com Jateng, di Semarang, Jumat (8/7).

Menurut dia, pihaknya saat ini konsen mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal agar memenuhi kebutuhan di Kawasan Industri Batang.

Saat ini, setidaknya sudah ada 12 investor yang siap beroperasi di KIT Batang. Mereka bergerak di berbagai bidang.

"Kami terus lakukan upaya agar pekerja lokal bisa terserap, tetapi selama ini memang antara kebutuhan dan kesiapan perlu disiapkan. Ini yang terus kami dorong agar mereka punya skil sesuai kebutuhan, " jelas dia.

Direktur Operasi & Teknik KITB Adler Manarissan Siahaan mengatakan kawasan industri dengan branding Grand Batang City ini merupakan fast growing company yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sebanyak 12 investor siap beroperasi di KIT Batang, Jawa Tengah. Puluhan ribu pekerja lokal terampil dibutuhkan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News